PEMBUATAN GAME EDUKASI SEBAGAI MEDIA PENGENALAN HURUF HIJAIYAH BERBASIS ANDROID

Penulis

  • Andra Ravi Hermawan Politeknik Negeri Samarinda
  • Tommy Bustomi Politeknik Negeri Samarinda
  • Damar Nurcahyono Politeknik Negeri Samarinda

Kata Kunci:

Game Edukasi, Huruf Hijaiyah, Game Development Life Cycle (GDLC), Android, Pembelajaran Anak.

Abstrak

Pembelajaran huruf hijaiyah merupakan langkah awal yang penting dalam proses membaca Al-Qur'an. Namun, ketertarikan anak-anak dalam mempelajari huruf hijaiyah sering kali rendah karena kurangnya media pembelajaran yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah game edukasi berbasis Android sebagai media pengenalan huruf hijaiyah pada siswa sekolah dasar usia 6-8 tahun. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Game Development Life Cycle (GDLC) yang melibatkan enam tahapan: inisialisasi, pra-produksi, produksi, pengujian alpha beta, dan rilis. Aplikasi game ini didesain dengan tampilan visual 2D dan dilengkapi fitur interaktif seperti pengenalan nama huruf hijaiyah, visualisasi gambar, audio pengucapan, serta permainan mencocokkan huruf. Pengujian dilakukan melalui uji alpha dan beta untuk memastikan fungsi aplikasi berjalan dengan baik serta mudah dipahami oleh pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game edukasi ini dapat menjadi media pembelajaran yang menyenangkan dalam membantu siswa mengenali huruf hijaiyah.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-17

Terbitan

Bagian

Artikel Teknik Informatika