Rancang Bangun Game Edukatif Pengenalan Hewan Khas Kalimantan Menggunakan Unity Engine

Penulis

  • Dhea Puspita Politeknik Negeri Samarinda
  • Muhammad Farman Andrijasa Politeknik Negeri Samarinda
  • Bambang Cahyono Politeknik Negeri Samarinda

Kata Kunci:

Game Edukatif, Unity, Hewan Khas Kalimantan, Itch.io, Game Development Life Cycle (GDLC).

Abstrak

Di kalangan anak-anak tingkat sekolah dasar, pengenalan hewan khas Kalimantan masih terbatas khususnya di Sekolah Dasar Negeri 009 Samarinda Seberang, Kelurahan Mangkupalas, Kalimantan Timur media pembelajaran di sekolah tersebut masih mengandalkan buku sebagai sumber utama. Sebagai solusi untuk permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media yang dapat mengenalkan hewan khas Kalimantan kepada anak-anak usia 9-12 tahun, melalui game edukatif berbasis desktop menggunakan software unity dengan metode Game Development Life Cycle (GDLC) yang terdiri dari lima tahapan: Inisiasi, Pra-produksi, Produksi, Pengujian, dan Rilis. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 009 Samarinda Seberang, Kelurahan Mangkupalas, Kalimantan Timur, dengan melakukan pengujian alpha dan beta, hasil uji sekenario untuk pengujian alpha menunjukan hasil 100% dan pengujian beta dengan kuesioner 50 responden menggunakan skala likert untuk anak-anak menunjukkan hasil 97,1% anak-anak setuju game ini membantu mengenal hewan khas Kalimantan dan untuk guru dengan 11 responden menunjukan sebesar 93% setuju bahwa game ini membantu anak-anak mengenal 12 hewan khas Kalimantan seperti Pesut Mahakam, Enggang Cula, Owa, Lutung Sentarum, Bekantan, Orangutan, Macan Dahan, Kucing Merah, Beruang Madu, Katak Capapuya, Trenggiling dan Gajah Kerdil. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah game edukatif pengenalan hewan khas Kalimantan dalam bentuk 3D berbasis desktop yang telah di unggah melalui platform itch.io.

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-20

Terbitan

Bagian

Artikel Teknik Informatika