RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN MUSEUM MULAWARMAN BERBASIS DESKTOP
Kata Kunci:
Museum Mulawarman, Media Pembelajaran, Godot Engine 4.0 , GDLC.Abstrak
Rancang Bangun Media Pembelajaran Pengenalan Museum Mulawarman Berbasis Desktop" adalah media pembelajaran yang mengusung konsep memperkenalkan sejarah dan artefak yang berada di Museum Mulawarman dalam bentuk game edukasi. Game ini bertujuan untuk meningkatkan akses dan minat pengunjung, terutama pelajar dan kalangan muda terhadap museum. Permasalahan utama yang dihadapi adalah rendahnya minat kunjungan langsung ke museum. Dengan merancang media pembelajaran, pemain dapat belajar sambil bermain, menciptakan pengalaman yang interaktif dan mendidik. Pengembangan media pembelajaran ini dilakukan menggunakan Godot Engine 4.0 dan metode Game Development Life Cycle (GDLC) untuk memastikan tahapan yang terstruktur, meliputi inisiasi, pre-produksi, produksi, pengujian alpha, pengujian beta, dan rilis. Hasil penelitian ini berupa media pembelajaran yang dapat memberikan informasi mengenai Museum Mulawarman kepada pelajar dan generasi muda, serta pelestarian sejarah melalui teknologi modern. Game edukasi ini tidak hanya berfungsi sebagai alat pembelajaran tetapi juga sebagai media untuk meningkatkan daya tarik pada Museum Mulawarman di era digital. Dengan skor 79,6%, game ini diterima dengan baik oleh responden muda usia 11-24 tahun, membuktikan keberhasilannya dalam memberikan informasi, kemudahan bermain, keseruan, dan meningkatkan minat berkunjung. Media pembelajaran ini mampu memperkaya metode pembelajaran sejarah dan menumbuhkan kesadaran budaya di kalangan generasi muda, menjadikan museum lebih relevan dan menarik bagi pelajar serta kalangan muda