Pembangunan game “Recon Duty” dengan Godot Engine

Penulis

  • Arkas Dyanta Ananda Kautsar Politeknik Negeri Samarinda
  • Tommy Bustomi Politeknik Negeri Samarinda
  • Muhammad Farman Andrijasa Politeknik Negeri Samarinda

Kata Kunci:

Game, pathfinding, Godot, Top-Down, GDLC

Abstrak

GameRecon Duty” merupakan game shooting dengan sudut pandang kamera dari atas melihat ke bawah dan juga tampilan visual Pixel Art pada setiap objek, makhluk, dan lingkungan. Game ini dirancang dengan menggunakan Godot engine dengan bahasa GDScript sebagai bahasa pemrograman umum di aplikasi game engine tersebut. Beberapa tahapan dari Game Development Life Cycle (GDLC) terdiri dari inisiasi, Pre-Produksi, Produksi, Evaluasi, dan Publikasi. Penerapan Artificial Intelligence (AI) pada Non-Playable Character (NPC) mengunakan metode pathfinding untuk mencari jalan menuju target. Algoritma A-Star pada Non-Playable Character (NPC) bertujuan menentukan jalur pendek dari sekitar lingkungan, sehingga dapat mencapai tujuan. Penelitian ini menghasilkan sebuah game Recon Duty yang dapat digunakan sebagai sarana hiburan bagi masyarakat.

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-24

Terbitan

Bagian

Artikel Teknik Informatika