Iklan Layanan Masyarakat Tentang Pelecehan Seksual Menggunakan Teknik Sinematografi

Penulis

  • Tri Nur Nugraha Satria Politeknik Negeri Samarinda
  • Noor Alam Hadiwijaya Politeknik Negeri Samarinda
  • Yusni Nyura Politeknik Negeri Samarinda

Kata Kunci:

Iklan Layanan Masyarakat, Pelecehan Seksual, Type of Shot, Sinematografi, MDLC.

Abstrak

Iklan Layanan Masyarakat (ILM) adalah media efektif untuk menyampaikan pesan sosial kepada masyarakat. Penelitian ini membahas pelecehan seksual dalam bentuk catcalling dengan menggunakan teknik sinematografi, khususnya type of Shot, untuk menyampaikan pesan secara jelas dan menarik. Metode yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang mencakup tahapan: Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Hasil penelitian adalah ILM berdurasi 2 menit 43 detik yang diunggah di YouTube, dengan penerapan berbagai Type of Shot seperti Long Shot, Medium Shot, Close-Up, dan lainnya untuk meningkatkan efektivitas penyampaian pesan.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-15

Terbitan

Bagian

Artikel Teknik Informatika