Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mahasiswa Calon Guru: Sebuah Analisis

Penulis

  • eva nirtha Universitas Musamus
  • Serlina Boru Sinaga Universitas Musamus Merauke, Papua
  • Syahfitriani Br Ginting Universitas Musamus Merauke, Papua

Kata Kunci:

analisis, implementasi, pembelajaran berbasis masalah

Abstrak

Pembelajaran berbasis masalah telah menjadi pendekatan yang semakin popular dalam dunia pendidikan modern. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan analisis mendalam terhadap implementasi pembelajaran berbasis masalah dalam konteks pendidikan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi lapangan dan lembar refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah para calon guru Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Musamus Angkatan 2021. Hasil penelitian ini belum terdapat langkah-langkah utama dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran berbasis masalah, serta mengidentifikasi tantangan yang mungkin dihadapi oleh para pendidik selama proses implementasi. Akan tetapiĀ  teknologi modern sangat membantu memperluas implementasi pembelajaran berbasis masalah karena dapat menciptakan pembelajaran yang interaktif. Juga terdapat beberapa kendala dalam implementasi pembelajaran berbasis masalah diantaranya kurangnya pelatihan bagi para pendidik bagaimana mengimplementasikan pembelajaran berbasis masalah dan belum terciptanya kesadaran para pendidik untuk menggunakan pendekatan ini dalam pembelajaran.

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-14