PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN ROLE-PLAYING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR BAHASA INGGRIS

Penulis

  • Maitri Rahmadhani Sekolah Tinggi Keguruan dan ilmu pendidikan Almaksum

Kata Kunci:

Metode_Pembelajaran; Role_Playing; Aktivitas_Belajar

Abstrak

Sering kali guru menganggap bahwa metode pembelajaran yang digunakan sudah tepat dalam proses pembelajaran yang ia lakukan. Nyatanya, baik hasil belajar maupun aktivitas belajar siswa tidak mencapai hasil yang diharapkan. Dalam pelaksanaan proses pembelajaran Bahasa Inggris di Kelas XI SMA Melati Binjai dapat dilihat minimnya aktivitas belajar siswa yang dapat ditandai dengan sikap siswa yang kurang antusias pada saat pembelajaran dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat Apakah metode pembelajaran Role-Playing pada mata pelajaran Bahasa Inggris dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Peneltian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada kelas XI SMA Melati Binjai pada mata pelajaran Bhs.Inggris jumlah siswa 42 orang. Dari siklus-I dan siklus-II yang dilaksanakan, ditemukan bahwa: 1) aktivitas siswa menunjukkan peningkatan menjadi baik dan sangat baik dalam hal hal keberanian menyampaikan gagasan, hal bersedia menjadi peran model, kesungguhan siswa mengikuti wawancara pemodelan, inisiatif mengajukan pertanyaan, keberanian memberi jawaban dengan kata-kata sendiri, keterlibatannya dalam diskusi, menjawab LKS dengan baik dan mencatat hal-hal yang penting selama proses pembelajaran. 2) Rata-rata persentasi jumlah peningkatan dari siklus-I ke siklus-II adalah 36,68%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode ini berdampak positif dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-30