Implementasi Pendidikan Multikultural Di Tengah Keragaman Peserta Didik Di Sekolah Dasar

Penulis

  • Mohmul eta parera sekolah tinggi agama islam
  • Fadhila U. M. Bethan Jurusan Tarbiyah, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Kupang, Indonesia.
  • Ningsi Kurniasari Jurusan Tarbiya, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiya, Sekolah Tinggi Agama Islam Kupang, Indonesia

Abstrak

Keberagaman masyarakat Indonesia sebagai masyarakat majemuk yang memiliki keberagaman suku, budaya, adat istiadat dan perbedaan agama, ras, kebudayaan dan lain sebagainya menjadikan masyarakat Indonesia yang multikulrural.Pendidikan multikultural itu sendiri bertujuan untuk membentuk sikap, perilaku dan pemikiran lebih komperhensif pada peserta didik dalam memandang keberagaman, sehinggalebih komperhensif pada peserta didik dalam memandang keberagaman, sehingga mampu memumbuhkan toleransi. Pendidikan multicultural dapat menjadikan peserta didik paham akan keberagaman dan dapat meumbuhkan rasa. Metode dalam penulisan artikel ini menggunakan studi kepustakaan dengan mengolah data yang berasal dari berbagai sumber literatur.Pendidikan Multikultural diterapkan melalui 3 cara yaitu budaya sekolah, strategi sekolah dan upaya guru dalam pengimplementasian pendidikan multikultural.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-22